Welcome to touchnissan.com

Jumat, 07 November 2014

Kelebihan NISSAN ELGRAND Dibandingkan TOYOTA ALPHARD

kiky riky

       Memanfaatkan 'Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement' (IJEPA), Agen Pemegang Merek (APM) mulai berani menjual MPV mewah dengan banderol yang sangat bersaing dengan Importir Umum (IU). Apalagi APM menjanjikan performa yang lebih baik untuk garansi, jasa perawatan, dan ketersediaan komponen. Keunggulan inilah yang ditempuh oleh Nissan Motor Indonesia dengan meluncurkan Elgrand dengan harga Rp 860 juta untuk versi 'top of the line, Highway Star.' Hal ini jelas mencuri perhatian peminat Alphard yang dibanderol Rp 1,034 miliar. Perbedaan utama antara Elgrand dan Alphard, hanyalah pada pengaturan kursi baris ke dua. Alphard punya pengaturan jok elektrik, sementara Elgrand hanya manual. Tapi, Elgrand dijual lebih murah +/- Rp 140 juta.


Dari dimensinya, Elgrand mengusung tubuh yang lebih besar ketimbang pendahulunya, dengan panjang 4.915 mm dan lebar 1.850 mm. Sedangkan tingginya berkurang 95 mm menjadi 1.815 mm. Sementara Alphard memiliki panjang 4.850 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.890 mm. Ini berarti Elgrand lebih panjang dan lebih lebar dari Alphard.

Elgrand juga memiliki mesin yang lebih besar dari Alphard. Memakai mesin VQ35DE berkapasitas 3.498 cc memiliki konfigurasi V6. Di atas kertas, diklaim menyuguhkan tenaga 276 hp dan torsi 344 Nm. Inilebih besar dari Alphard yang memiliki mesin berkapasitas 3.456 cc dengan tenaga sebesar 275 hp dan torsi 340 Nm.Sedangkan transmisi menggunakan CVT (continuously variable transmission) yang dipadu pilihan mode semi manual 6-speed.

Ketika mengakses kabin, kami akui beginilah seharusnya sebuah Luxury MPV. Keyless, panel kayu, material kulit pada lingkar kemudi, jok, door trim hingga tuas transmisi dan bahkan jok pengendara menganut setelan elektrik serta pemanas jok. Sehingga pengendara dan penumpang depan mendapat kenyamanan sepanjang perjalanan.

Duduk di balik kemudi, memang seperti berada di kendaraan besar. Ternyata, kami terpesona dengan ringannya lingkar kemudi. Bahkan kami dapati begitu lincah berada di kondisi parkiran yang sempit yang nyatanya radius putar 5,7 meter. Kaca depan yang lebar dan posisi pilar A, dibantu spion kiri bantuan membuat kami tak khawatir memposisikan di parkiran sempit.

Sedangkan jok baris kedua meng­aksesnya melalui pintu geser buka tutup otomatis. Di sana lengkap beragam tempat penyimpanan dan penyejuk individual, disajikan captain seat layaknya penerbangan first class dan menyediakan ruang kaki hingga 520 mm. Jok baris ketiga walaupun tanpa foot rest, tersedia beragam tempat penyimpanan dan ruang kaca pandang cukup luas.

Apabila kaca film masih belum bisa menghadang silaunya matahari, pada kiri-kanan penumpang baris dua dan tiga terdapat tambahan kain tabir surya sehingga intensitas sinar matahari yang masuk bisa lebih diredam, sekaligus menambah privasi selama di dalam kabin. Tersedia 18 cup holder di dalam mobil ini yang bisa menampung minuman kesukaan Anda.

Tak perlu tenaga besar untuk membuka pintu dan menutup bagasi, cukup dengan menekan tombol. Begitupula saat membawa barang lebih banyak, Elgrand memiliki ruang khusus di bawah dek. Apabila ruang bagasi tidak mencukupi untuk barang bawaan. Anda bisa melipat bangku baris ketiga secara otomatis melalui tombol di ruang bagasi.

Mengaktifkan audio lansiran Bose 5.1 Surround Sound System dengan dua belas speaker dipadu melalui layar sentuh 11 inci yang dapat mengaplikasikan deretan fitur mulai dari layanan audio/visual DVD dan CD player, serta koneksi untuk iPod ataupun USB. Mengakses hiburan melalui USB terbilang cepat dan kami sempatkan menyaksikan beberapa video format mp4 dan musik mp3. Elgrand tak menyematkan audio kontrol pada lingkar kemudi, tapi seluruh tombol sangat ergonomis diraih pengendara di bagian dashboard.

Kami sangat menyukai perlengkapan keselamatan di Elgrand ini, karena telah dintegrasikan enam SRS airbag. Di antaranya dua buah di dashboard depan, dua buah di sandaran jok depan samping dan dua di jendela samping. Adapun pendukung standar deselerasi sudah ada ABS (Anti-locking Brake System) + EBD (Electronic Brake Distribution), TCS (Traction Control System) dan VDC (Vehicle Dynamic Control).

Melirik ruang mesin, dapur pacu yang sama digunakan pada Nissan Murano, menghasilkan tenaga 276 hp pada 6.400 rpm serta torsi puncak mencapai 344 Nm pada 4.400 rpm. Wajarlah bila kami tak perlu ambisius menyalip kendaraan di depan, sebab secara spontan tenaga tersalur sempurna. Bisa dibilang performa yang memadai untuk ukuran Luxury MPV. Konsumsi bahan bakar dalam kota didapatkan 6 kpl, sedangkan tangki bahan bakar penuh 73 liter.

Memainkan transmisi manual mode enam percepatan akan membuat pergerakan Elgrand begitu bersemangat. Tak kami temui sentakan berarti setiap perpindahan transmisi sehingga penumpang tetap nyaman saat bergegas. Bahkan pengendalian yang ringan saat kecepatan tinggi dan di kecepatan rendah, seakan kami melupakan dimensinya.

Suspensi MacPherson Strut pada depan dan Multi-link pada belakang berperan besar dalam meredam guncangan ketika mobil melahap permukaan jalan yang tidak rata. Melewati tikungan tajam memang masih kami rasakan pergerakan ke samping, tapi hal itu tidak menjadi masalah.



Untuk Informasi, Reservasi Test Drive dan Pemesanan Mobil Baru Nissan
SILAHKAN HUBUNGI :
RIZKY 
0817 797 797

kiky riky / Author & Editor

Sales Nissan (SMS/WA) 0817 797 797 touchnissan

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Nissan Jakarta